Selamat Datang!

Blog Bedah Umum FKUI merupakan sarana berbagi informasi mengenai tatalaksana kasus bedah, karya tulis para residen, informasi akademis, wacana dunia bedah hingga kegiatan-kegiatan kami. Blog ini dibuat pada tahun 2009 dan dikelola oleh residen Ilmu Bedah FKUI. Diharapkan blog ini bisa menjadi sarana berbagi kabar, informasi, serta berdiskusi antar konsulen, trainee, dan residen bedah baik dari FKUI maupun fakultas kedokteran lain di Indonesia. Semoga kehadiran blog ini dapat memperkaya wawasan dan keilmuan kita sebagai Dokter Spesialis Bedah maupun calon Dokter Spesialis Bedah masa depan. Semoga bermanfaat!

Sabtu, 02 Juli 2011

Pengalaman Kasus Appendisitis di RSCM Tahun 2010


Ridho Ardhi Syaiful, Agi Satria Putranto

Pendahuluan:
Apendisitis Akut adalah inflamasi pada dari vermiform appendiks dan ini merupakan kasus operasi intraabdominal tersering  yang memerlukan tindakan bedah. Pada paper ini penulis ingin mendeskripsikan presentasi klinis, dan tatalaksana kasus apendisitis yang ditangani oleh Divisi Bedah Digestif FKUI / RSCM.

Metode:
Dilakukan review rekam medis 235 pasien ditatalaksana oleh Divisi Bedah Digestif FKUI/RSCM dari tahun 2010.

Hasil:
Dari seluruh rekam medis yang ditelaah terdapat 59 kasus appendisitis dengan peritonitis umum, 20 kasus dengan appendisitis akut dengan abses peritoneal,122 kasus appendisitis akut tidak spesifik,  34 kasus appendisitis dengan appendisitis kronis yang tidak spesifik.

Kesimpulan:
Kasus terbanyak pada appendisitis adalah appendisitis akut tidak spesifik. Diagnosis appendisitis yang dilakukan di RSCM mengacu pada anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang mengarah kepada appendisitis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar