Selamat Datang!

Blog Bedah Umum FKUI merupakan sarana berbagi informasi mengenai tatalaksana kasus bedah, karya tulis para residen, informasi akademis, wacana dunia bedah hingga kegiatan-kegiatan kami. Blog ini dibuat pada tahun 2009 dan dikelola oleh residen Ilmu Bedah FKUI. Diharapkan blog ini bisa menjadi sarana berbagi kabar, informasi, serta berdiskusi antar konsulen, trainee, dan residen bedah baik dari FKUI maupun fakultas kedokteran lain di Indonesia. Semoga kehadiran blog ini dapat memperkaya wawasan dan keilmuan kita sebagai Dokter Spesialis Bedah maupun calon Dokter Spesialis Bedah masa depan. Semoga bermanfaat!

Sabtu, 02 Juli 2011

'Critical Limb Ischemic' pada Vaskulitis Limfositik Cutaneous




Whiko Irwan Destanto, Dedy Pratama
                                                                                               
Vaskulitis limfositik cutaneous didefinisikan sebagai penyakit autoimun dengan diketemukannya peradangan lokal dari pembuluh darah akibat infiltrasi dinding pembuluh darah  dengan limfosit.Biasanya terjadi pada pembuluh darah kecil, jarang sekali pada pembuluh darah besar.

Melaporkan kasus yang jarang, seorang anak laki-laki  usia 8 tahun dari Indonesia Timur dengan keluhan nyeri dan kehitaman pada ujung-ujung jari kedua tangan dan kaki. Dari pemeriksaan radiologis, imunologi, hematologi dan patologi, ditegakkan diagnosis sebagai  Vasculitis Limfositik.  

Pasien  diberikan  terapi medikamentosa yaitu anti agregasi trombosit, antikoagulan, phlebotonik antibiotik dan kortikosteroid. Setelah damarkasi jelas dan perfusi membaik dilakukan revisi stump dan amputas pada jaringan  nekrotik padai kaki dan tangan.

Kata kunci: Vasculitis , terapi konservatif , amputasi dan revisi stump jari kaki dan tangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar