Selamat Datang!

Blog Bedah Umum FKUI merupakan sarana berbagi informasi mengenai tatalaksana kasus bedah, karya tulis para residen, informasi akademis, wacana dunia bedah hingga kegiatan-kegiatan kami. Blog ini dibuat pada tahun 2009 dan dikelola oleh residen Ilmu Bedah FKUI. Diharapkan blog ini bisa menjadi sarana berbagi kabar, informasi, serta berdiskusi antar konsulen, trainee, dan residen bedah baik dari FKUI maupun fakultas kedokteran lain di Indonesia. Semoga kehadiran blog ini dapat memperkaya wawasan dan keilmuan kita sebagai Dokter Spesialis Bedah maupun calon Dokter Spesialis Bedah masa depan. Semoga bermanfaat!

Kamis, 07 Juli 2011

Liputan Kegiatan Workshop pada PIT IKABI XVIII

Salah satu kegiatan dari PIT IKABI XVIII adalah acara workshop.Terdapat empat acara workshop yang diadakan pada hari Rabu, 29 Juni 2011, yaitu dari Divisi Bedah Vaskular, Divisi Bedah Onkologi, Wound Care Management dan Clinical Use of Blood yang diadakan oleh ICTEC (Indonesian Clinical Training and Education Centre).

Workshop yang diadakan oleh divisi Bedah Vaskular bertemakan “Vascular Access for Endovascular, Hemodialysis, Chemotherapy and Nutrition”. Workshop tersebut terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama merupakan sesi pendahuluan, yang mengundang beberapa pakar dari bidang ilu masing-masing. Selanjutnya diikuti dengan sesi tanya jawab bagi peserta. Di akhir kuliah terdapat penanyangan video Port ACath (Celsite) Care and Management dan Port A Cath (Celsite) and AV Shunt Video. Sesi kedua merupakan sesi skill lab di mana para peserta mempraktekkan hands on langsung menggunakan animal tissue yaitu aorta babi. Kegiatan skill lab ini didampingi oleh para pakarnya. Sesi terakhir, Finish Live Demonstration In Operating Theatre Vascular Team, di mana sudah terdapat dua orang pasien yang akan dilakukan operasi secara langsung di OK IBP dan peserta menonton operasi tersebut.

Di lantai 8 gedung A RSCM juga berlangsung workshop Core Biopsy. Acara ini dibuka oleh Dr. Ahmad Kurnia, Sp.B(K)Onk, dan dilanjutkan dengan kuliah singkat dan tanya jawab mengenai topik ini. Setelah menonton video tentang teknik core biopsy, para peserta langsung dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk melakukan hands on pada model ayam, dengan bimbingan seorang fasilitator di setiap kelompoknya.

Workshop Wound Care Management mengambil tempat di lantai 6 gedung A RSCM. Beberapa topik kuliah pendahuluan diberikan oleh pembicara ahli di bidangnya masing-masing, sebelum para peserta melakakukan praktek hands-on. Di ICTEC RSCM pada juga berlangsung workshop tentang Clinical Use of Blood.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar