Selamat Datang!

Blog Bedah Umum FKUI merupakan sarana berbagi informasi mengenai tatalaksana kasus bedah, karya tulis para residen, informasi akademis, wacana dunia bedah hingga kegiatan-kegiatan kami. Blog ini dibuat pada tahun 2009 dan dikelola oleh residen Ilmu Bedah FKUI. Diharapkan blog ini bisa menjadi sarana berbagi kabar, informasi, serta berdiskusi antar konsulen, trainee, dan residen bedah baik dari FKUI maupun fakultas kedokteran lain di Indonesia. Semoga kehadiran blog ini dapat memperkaya wawasan dan keilmuan kita sebagai Dokter Spesialis Bedah maupun calon Dokter Spesialis Bedah masa depan. Semoga bermanfaat!

Kamis, 07 Juli 2011

Kompetisi Olah Raga pada PIT IKABI XVIII

Sepak Bola
Sepak bola sebagai olahraga paling terkenal sejagat raya, tidak hanya popular di kalangan rakyat biasa tapi telah pula menjadi olahraga nomor satu di kalangan ahli bedah se-Indonesia. Bukti kuatnya tradisi sepak bola di bedah tampak pada selalu hadirnya sepak bola dalam setiap kompetisi olahraga di PIT IKABI tiap tahunnya. Tujuannya guna menjalin silaturahmi diantara ahli bedah se-Indonesia dengan semangat penuh sportivitas.

Perhelatan Kompetisi Olahraga PIT IKABI XVIII siap digelar di Jakarta terhitung 30 Juni 2011. Sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga yang dikompetisikan pun akan memulai pertandingan pada tanggal yang sama. Sebanyak 9 kontingen akan berpartisipasi di ajang kompetisi sepak bola PIT IKABI tahun 2011. Mereka diantaranya FK Universitas Indonesia (Jakarta), FK Universitas Padjajaran (Bandung), FK Universitas Gajah Mada (Yogyakarta), FK Universitas Diponegoro (Semarang), FK Universitas Sumatera Utara (Medan), FK Universitas Sriwijaya (Palembang), FK Universitas Andalas (Padang), dan FK Universitas Negeri Solo (Solo). FK UI sebagai tuan rumah akan menurunkan 2 tim, sedangkan kontingen yang lain masing-masing akan menurunkan 1 tim.

Kompetisi akan menggunakan sistem semi-kompetisi. Seluruh tim akan dibagi dalam dua grup dimana juara dari tiap grup akan bertemu di babak final. Tim A dihuni oleh tuan rumah UI A bersama UNS, UNDIP, UNAND, dan UNSRI. Sedangkan tim B dihuni oleh juara bertahan UNPAD bersama UNHAS, UI B, UGM, dan USU. Beberapa stadion berstandar nasional maupun internasional akan digunakan untuk menggelar babak penyisihan hingga final. Stadion Sumantri Bojonegoro dan PTIK bakal dipercaya untuk menggelar babak penyisihan. Sedangkan partai puncak akan dihelat di stadion utama Gelora Bung Karno.

Persaingan menuju puncak juara diyakini bakal berlangsung sengit mengingat tahun ini kompetisi masih tetap diikuti oleh tim unggulan seperti UNPAD sebagai juara bertahan dan tentu saja tuan rumah UI Jakarta. Jadi, siapakah yang akan berjaya? Kita tunggu saja bersama. (IRS)


Tenis
Perhelatan kejuaraan tenis di dalam kegiatan PIT IKABI XVIII di Jakarta tidak dapat dipandang sebelah mata. Kejuaraan ini diikuti oleh 8 tim yang terdiri dari 2 tim IKABI JAYA, 2 tim Universitas Udayana Bali, 1 tim Universitas Mulawarman Kalimantan Timur, 1 tim Universitas Diponegoro Semarang, 1 tim Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan 1 tim dari Riau.

Setiap tim terdiri dari satu pemain tunggal putra dan dua pasang pemain ganda putra. Pemain yang turut serta adalah residen bedah dan konsulen bedah di universitas terkait. Kejuaraan tenis akan dilakukan dengan sistem gugur, menggunakan format 9 set tanpa deuce dalam satu pertandingan selama babak penyisihan dan best of three ketika final dalam satu pertandingan.

Semua pertandingan akan berlangsung di Lapangan Tenis Epicentrum Klub Kuningan dari tanggal 30 Juni sampai 1 Juli 2011, mulai pukul enam hingga pukul sepuluh WIB. Kejuaraan tenis ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi di antara teman sejawat bedah dari berbagai daerah. Ayo dukung almamater anda dalam pertandingan tenis dan junjung selalu sportivitas dalam bertanding!


Bulutangkis
Seakan tidak mau kalah dengan perhelatan akbar turnamen bulutangkis dunia Indonesia Open Super Series, pada PIT IKABI XVIII yang tahun ini dilangsungkan di ibukota negara ini turut diselenggarakan pertandingan bulutangkis. Mengapa bulutangkis? Bulutangkis sebagai olahraga yang sangat merakyat di negeri Indonesia ini merupakan salah satu cabang olahraga yang disukai oleh banyak orang, tak terkecuali di kalangan dokter bedah.

Pertandingan ini diikuti oleh 13 tim dari berbagai universitas dan diselenggarakan di GOR Soemantri Brojonegoro Hall B pada tanggal 30 Juni 2011 pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-22.00 WIB. Setiap tim terdiri dari 2 pasang pemain ganda putra, 1 orang pemain tunggal putra dan 2 orang pemain cadangan yang dapat diisi oleh residen ilmu bedah atau staff bedah dari universitas terkait. Pertandingan diselenggarakan dalam format kompetisi gugur dengan system rally point hingga poin 21. Jalannya pertandingan ini pasti seru dan menegangkan karena saling mempertahankan gengsi dari masing-masing universitas. Aksi–aksi mengagumkan dipastikan akan terjadi di lapangan bulutangkis. Kalah dan menang merupakan hal yang lumrah terjadi dalam sebuah perlombaan. Tujuan yang ingin dicapai adalah terjalinnya kerjasama dan silahturahmi antar sejawat dari berbagai pusat pendidikan ilmu bedah. Ayo datang dan dukung almamater anda di PIT IKABI XVIII ini!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar