Selamat Datang!

Blog Bedah Umum FKUI merupakan sarana berbagi informasi mengenai tatalaksana kasus bedah, karya tulis para residen, informasi akademis, wacana dunia bedah hingga kegiatan-kegiatan kami. Blog ini dibuat pada tahun 2009 dan dikelola oleh residen Ilmu Bedah FKUI. Diharapkan blog ini bisa menjadi sarana berbagi kabar, informasi, serta berdiskusi antar konsulen, trainee, dan residen bedah baik dari FKUI maupun fakultas kedokteran lain di Indonesia. Semoga kehadiran blog ini dapat memperkaya wawasan dan keilmuan kita sebagai Dokter Spesialis Bedah maupun calon Dokter Spesialis Bedah masa depan. Semoga bermanfaat!

Kamis, 07 Juli 2011

Meet The Expert and Live Surgery

Seiring dengan tema yang diambil tahun ini “Transformation of Surgical Technology”, Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Ahli Bedah Indonesia (PIT IKABI) XVIII menampilkan salah satu bentuk penerapan teknologi dalam bidang ilmu bedah, yaitu Live Surgery. Dua operasi yang rencananya dilakukan di Rumah Sakit Gading Pluit, Kepala Gading, Jakarta Utara akan disiarkan secara langsung ke tempat simposium di Hotel Shangri-la. Operasi pertama adalah Laparoscopic repair of incisional hernia dengan operator Nixon (UK). Sedangkan operasi kedua Laparoscopic repair of inguinal hernia (single port / LESS surgery) dilakukan oleh David Lomanto (Singapura).

Live surgery merupakan suatu bentuk implementasi teknologi video conference, yaitu dengan mentransfer data digital berupa video, audio, maupun data medis pasien dari ruang operasi ke tempat lain secara wireless (nirkabel). Teknologi jaringan peer to peer (p2p) yang digunakan memungkinkan peserta simposium dan dokter ahli bedah yang terpisah jarak lebih dari 15 km dapat berkomunikasi interaktif real time dua arah. Secara teknis pada jaringan p2p semua komputer/peer terkait dapat bertindak sebagai server yang memiliki kemampuan mendistribusikan, dan sekaligus sebagai client yang dapat menerima data/sumber daya. Karakteristik kunci jaringan ini adalah tidak terdapat sebuah server pusat sebagai pengatur, sehingga bila terjadi masalah pada salah satu komputer/peer, maka jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

Sesi Live Surgery ini akan diadakan pada hari Sabtu, 2 Juli 2011 pukul 08.00-12.00 WIB bertempat di Grand Ballroom Hotel Shangrila Jakarta dengan moderator Errawan R. Wiradisuria (Grand Ballroom) dan Barlian Sutedja (OK RS Gading Pluit).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar