Selamat Datang!

Blog Bedah Umum FKUI merupakan sarana berbagi informasi mengenai tatalaksana kasus bedah, karya tulis para residen, informasi akademis, wacana dunia bedah hingga kegiatan-kegiatan kami. Blog ini dibuat pada tahun 2009 dan dikelola oleh residen Ilmu Bedah FKUI. Diharapkan blog ini bisa menjadi sarana berbagi kabar, informasi, serta berdiskusi antar konsulen, trainee, dan residen bedah baik dari FKUI maupun fakultas kedokteran lain di Indonesia. Semoga kehadiran blog ini dapat memperkaya wawasan dan keilmuan kita sebagai Dokter Spesialis Bedah maupun calon Dokter Spesialis Bedah masa depan. Semoga bermanfaat!

Kamis, 07 Juli 2011

Kegiatan Ilmiah PIT IKABI XVIII

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) adalah salah satu agenda tahunan IKABI (Ikatan Ahli Bedah Indonesia). Tahun ini, PIT diusulkan untuk diselenggarakan di Jakarta. Dalam tahun penyelenggaraan ke-18 ini, The 18th Annual Scientific Meeting of Indonesian Surgeons Association (PIT IKABI XVIII) bertemakan Transformation of Surgical Technology.Untuk itu terdiri dari pembicara dari dalam maupun luar negeri baik para dokter spesialis bedah maupun pakar-pakar teknologi khususnya di bidang kedokteran. Oleh sebab itu diharapkan pakar-pakar tersebut dapat memberikan wawasan mengenai perkembangan teknologi (bedah) kedokteran terkini.

Salah satu agenda dalam PIT IKABI ke-18 ini, terdapat kegiatan free paper (makalah bebas) di mana para peserta dapat menyajikan hasil penelitian mereka. Jumlah total abstrak free paper yang diterima panitia tahun ini kurang lebih sebanyak 316. Sebanyak 62 abstrak terpilih untuk dipodiumkan, sisanya untuk presentasi poster 254.


Kegiatan free paper ini terdiri dari dua kegiatan.Yang pertama adalah presentasi podium dan presentasi poster-poster penelitian. Untuk podium, peserta akan melakukan presentasi singkat mengenai penelitiannya diikuti sesi tanya jawab. Sedangkan untuk poster, akan dilakukan presentasi keliling yang akan dinilai oleh 2 moderator tiap sesi. Yang dinilai oleh juri dari presentasi podium adalah: hipotesis/tujuan penelitian, originalitas, metodologi, desain penelitian, hasil dan analisisnya, dan pentingnya penelitian tersebut. Sementara untuk poster yang dinilai adalah kemampuan pemahaman, penampilan poster, dan tanya jawab. Penelitian poster dan presentasi ini dinilai oleh wakil dari masing-masing OPLB cabang ilmu bedah, yaitu bedah urologi, bedah orthopaedi, bedah plastik, bedah syaraf, bedah toraks, bedah vaskuler, bedah onkologi dan bedah digestif. Tim juri akan dipimpin bersama oleh Prof. DR. dr. Ign. Riwanto,SpB-KBD dan Ketua Dewan Redaksi Jurnal Ilmu Bedah Indonesia, dr.Theddeus O.H Prasetyono, SpBP.

Acara ini selain meningkatkan kualitas dan partisipasi aktif dalam perkembangan ilmu kedokteran juga dapat membentuk ikatan antar ahli ilmu bedah Indonesia dan merupakan ajang untuk berbagi ilmu sesama rekan sejawat ilmu bedah serta dapat mewujudkan partisipasi aktif dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat bersaing dengan negara lain. Hal ini merupakan dorongan bagi para spesialis bedah Indonesia untuk terus meningkatkan skill dan profesionalismenya.Sehingga memberi harapan untuk memberikan karya yang lebih baik dan kontinuitas dalam berkarya bagi pengembangan ilmu pengetahuan, terutama bidang ilmu bedah.

Terima kasih
Wassalamualaikum Wr Wb
Dr. Chaidir Arif Mochtar, Sp.U, PhD
Coordinator Scientific PIT IKABI XVIII

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar