Selamat Datang!

Blog Bedah Umum FKUI merupakan sarana berbagi informasi mengenai tatalaksana kasus bedah, karya tulis para residen, informasi akademis, wacana dunia bedah hingga kegiatan-kegiatan kami. Blog ini dibuat pada tahun 2009 dan dikelola oleh residen Ilmu Bedah FKUI. Diharapkan blog ini bisa menjadi sarana berbagi kabar, informasi, serta berdiskusi antar konsulen, trainee, dan residen bedah baik dari FKUI maupun fakultas kedokteran lain di Indonesia. Semoga kehadiran blog ini dapat memperkaya wawasan dan keilmuan kita sebagai Dokter Spesialis Bedah maupun calon Dokter Spesialis Bedah masa depan. Semoga bermanfaat!

Senin, 07 Januari 2013

Bakti Sosial IKABI JAYA Kebumen 2012

Jakarta, November 2012 
Pada tanggal 15-18 November 2012 IKABI JAYA mengadakan acara bakti sosial di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Acara bakti sosial ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh IKABI JAYA yang terakhir kali dilangsungkan di Kabupaten Cilacap pada tahun 2006.




Acara bakti sosial bedah dapat terlaksana berkat kerja sama IKABI JAYA, Dinas Kesahatan Kabupaten Kebumen sebagai wakil Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen, RSUD Kebumen, dan Ikatan Alumni SMAN 1 Kebumen “Walet Emas”. 

Acara dibuka oleh dr. Agi Satria Putranto, SpB(K)BD selaku Ketua IKABI JAYA dan penanggung jawab acara bakti sosial dan dr. R Suhartono, SpB(K)V selaku ketua umum acara bakti sosial. Acara bakti sosial ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen dengan kunjungan Bupati Kebumen, H. Buyar Winarso, SE. 

Acara ini bertempat di RSUD Kebumen dan diikuti oleh 96 pasien kurang mampu dengan berbagai macam masalah bedah diwilayah Kabupaten Kebumen. Kasus bedah yang didapatkan adalah 31 kasus bedah mayor dan 65 kasus bedah minor. Pasien yang didapatkan mulai dari 6 kasus hernia anak, 12 kasus hernia dewasa, 3 kasus labio/palatoschizis, 2 kasus kontraktur pada jari tangan, 6 kasus tumor tiroid, 6 kasus tumor jinak mammae dan 54 kasus bedah minor seperti lipoma, tumor jinak jaringan lunak, kista ateroma, kista ganglion, papiloma, keloid, dan abses. Selain itu juga ditambah dengan 9 pasien operasi pemasangan av shunt dan 4 pasien pemasangan CDL pada pasien-pasien hemodialisis di Kebumen. Seluruh operasi dilaksanakan pada hari Kamis 15 November 2012


Pada hari Jumat 16 November acara penanaman bibit pohon, pertandingan olah-raga, dan mini symposium sebagai bagian dari acara bakti sosial yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan mening-katkan pengetahuan dokter spdah dan juga acara ini bertujuan sebagai acara ramah tamah antara tim IKABI JAYA, Dinkes Kebumen, RSUD Kebumen, dan Ikatan Alumni SMAN 1 Kebumen.


Penanaman bibit pohon dilaksanakan di lokasi RSUD Kebumen yang baru sebanyak 50 bibit pohon yaitu 10 bibit pohon biola cantik, 20 bibit pohon kelapa, dan 20 bibit pohon trembesi.
Acara olahraga yg diadakan adalah pertandingan futsal  dan pertandingan tenis antara tim IKABI JAYA, tim RSUD Kebumen, dan Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen.


Acara mini symposium dengan tema Current Daily Surgical Update dilaksa-nakan pada malam harinya dengan materi mini symposium tersebut adalah Varices Masa Kini dan Wound Care yang dibawakan oleh dr. R Suhartono, SpB(K)V, Tata laksana bedah pada HIV-AIDS yang dibawakan oleh dr. S H Manulang, SpB. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab, ramah tamah dan foto bersama. Acara mini symposium ini sudah terakreditasi 4 SKP IDI dan tidak dipungut biaya.


Pada hari Sabtu 17 November 2012 rombongan tim IKABI JAYA bertolak menuju Jakarta dan tiba pada hari Minggu 18 November 2012. Semoga dengan terselenggaranya acara ini, banyak masyarakat kurang mampu yang terbantu dan dapat meningkatkan taraf kesehatan dan kualitas hidup dari pasien-pasien tersebut. Semoga acara bakti sosial IKABI JAYA ini dapat terus terlaksana dan dapat membantu masyarakat tidak mampu di daerah-daerah lain sehingga sesuai dengan semboyan IKABI, Sutiksna Usada Sudarma Marga. -tam 


Panitia Bakti Sosial IKABI JAYA Kebumen 2012


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar