Selamat Datang!

Blog Bedah Umum FKUI merupakan sarana berbagi informasi mengenai tatalaksana kasus bedah, karya tulis para residen, informasi akademis, wacana dunia bedah hingga kegiatan-kegiatan kami. Blog ini dibuat pada tahun 2009 dan dikelola oleh residen Ilmu Bedah FKUI. Diharapkan blog ini bisa menjadi sarana berbagi kabar, informasi, serta berdiskusi antar konsulen, trainee, dan residen bedah baik dari FKUI maupun fakultas kedokteran lain di Indonesia. Semoga kehadiran blog ini dapat memperkaya wawasan dan keilmuan kita sebagai Dokter Spesialis Bedah maupun calon Dokter Spesialis Bedah masa depan. Semoga bermanfaat!

Kamis, 27 September 2012

1st Jakarta Annual Surgical Symposia (JASS) 2012


Dalam rangka memperdalam keilmuan dalam bidang bedah, Departemen Bedah FKUI menyelenggarakan acara  1st Jakarta Annual Surgical Symposia atau lebih dikenal dengan nama JASS yang dilaksanakan pada tanggal 20-22 September 2012 di RSCM dan Hotel Borobudur yang diikuti oleh kurang lebih 500 orang peserta dari bebagai tempat di Indonesia.

Pada hari pertama diselenggarakan workshop di Gedung A lantai 8 RSCM. Materi workshop berupa wound dressing dan cast, splint, and skin traction, vascular access, dan rozerplasty yang dilaksanakan secara bersamaan di lantai 8 gedung A dan ruang forensik lantai 2 untuk workshop yang menggunakan kadaver. Workshop diikuti oleh 60 orang peserta yang terbagi jadi 4 kelompok.

dr. Riana P Tamba, SpB, SpBA
Setelah pembukaan workshop JASS yang dilakukan oleh dr. Riana P Tamba, SpB, SpBA dan course overview oleh dr. Aditya Wardhana, SpBP(K), peserta kemudian mengikuti workshop di lantai 8 Gedung A dan lantai 2 ruang forensik. Di lantai 8 gedung A RSCM dilakukan workshop wound dressing dengan instruktur dr. Aditya Wardhana, SpBP(K) dibantu oleh dr. Indri Aulia dan dr. Maulina Rachmasari. Cast, splint and skin traction dengan instruktur dr. Bambang Gunawan, SpOT (K) dan Dr. dr. Ismail Hadisoebroto D, SpOT(K) dan dibantu oleh dr. Rizky Notario, dr. Heka P, dr. Arya Abikara, dr. M. Sofyan, dr. Yanuar Sastranegara, dr. M. Nurul Q, dr. M. Ihsan, dan dr. Radi Muharris.
Workshop Cast, splint and skin traction


Di lantai 2 ruang forensik dilakukan workshop vascular access dan rozerplasty yang dikerjakan langsung dengan menggunakan 4 kadaver. Workshop vascular access dilakukan teknik vena seksi pada kadaver yang dibimbing oleh dr. Alexander Jayadi U, SpB(K)V, dr. Dedy Pratama, SpB(K)V, dan dr. Hilman Ibrahim, SpB(K)V dibantu oleh dr. Vendri Rivaldy, SpB dan dr. Relly Sofyar. Pada workshop rozerplasty, peserta dibimbing untuk mengerjakan nailplasty oleh dr. Theddeus O H Prasetyono, SpBP(K) dibantu oleh dr. Syamsul Rizal, dr. Nadia Kusumastuti, dr. Fakhrul Hendra, dr. Eliza Nindita, dr. Saleh Harris, dr. Hendriek Siahaan, dr. Rian Fabian S, dan dr. Wulan Ayudiasari.

dr.Iskandar R. Budianto SpB, SpBA
Pada hari kedua dan ketiga diselenggarakan symposium yang bertempat di ruang Flores Hotel Borobudur yang diikuti oleh kurang lebih 500 orang peserta. Pada symposium dipaparkan berbagai materi dari berbagai disiplin ilmu bedah seperti Bedah Digestif, Bedah Plastik, Bedah Thorak Kardiovaskuler, Orthopaedi Dan Traumatologi, Urologi, Bedah Vaskuler, Bedah Anak, dan Bedah Onkologi. Symposium dibuka dengan sambutan dari Ketua JASS, dr. Riana P Tamba, SpB, SpBA, sambutan dari Kepala Departemen Bedah FKUI RSCM Dr. dr. Fathema D Rachmat, SpB, SpBTKV, sambutan dari Ketua IKABI Prof. Dr. dr. Paul L Tahalele, SpB, SpBTKV , dan sambutan dari perwakilan Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Pratiwi Sudharmono, SpMK.

Prof. Massimo Signorini, MD, PhD
Dr. dr. Fathema D Rachmat, SpB, SpBTKV
Sesi symposium dimulai dengan plenary lecture dari dr. R Suhartono, SpB(K)V mengenai Detection And Case Selection In Trauma dan dr. Toar J M Lalisang, SpB(K)BD mengenai Global Trends In Surgical Emergency. Dilanjutkan dengan guest lecture dengan pembicara dr. Theddeus O H Prasetyono, SpBP(K) mengenai Managing Fresh Scar And The Role Of Silicone In Scar Treatment dan Massimo Signorini, MD, PhD mengenai Present Possibilities In Scar Management With New Emerging Technologies. Sesi guest lecture ini dipimpin oleh moderator Dr. dr. Fathema D Rachmat, SpB, SpBTKV. Symposium pada hari kedua adalah dari divisi Bedah Digestif dengan materi Current Management Of Abdominal Trauma, Diagnosis And Management Of Hemorrhoids, dan Diagnosis And Pre-Op Management Of Acute Abdomen. Dilanjutkan dengan materi dari divisi bedah plastik yang terdiri dari How To Manage Facial Wounds, Finger Tip Injury: From Minor Laceration To Traumatic Amputation, dan Management Of Animal Bites And Contaminated Wound.


Salah satu peserta JASSS 2012 yang tampak sangat antusias sedang
memberikan pertanyaan kepada pembawa materi
Lalu materi dari divisi bedah thorak kardiovaskuler yang terdiri dari Diagnosis And Early Management Of Laringotracheal Trauma, Traumatic Pleural Disorder, dan Infection Pleural Disorder. Yang terakhir dari divisi Orthopaedi dan Traumatologi dengan materi Orthopaedic Management In Poli Trauma Dan Unplanned Biopsy In Musculoskeletal Oncology.

Pada hari ketiga dibuka dengan plenary lecture dari Prof. Dr. dr. Aryono Pusponegoro, SpB(K)BD dengan topik Disaster And Mass Casualty: Surgical Perspective dan dr. Sastiono, SpB, SpBA dengan topik Diagnostic Problems In Pediatric Surgery. Dilanjutkan dengan materi dari divisi Urologi dengan materi Diagnosis And Treatment For Colic Renal Pain, New Strategy In Medical Treatment For BPH, dan Diagnosis And Management Bladder And Kidney Trauma. Setelah itu materi dari divisi Bedah Vaskuler dengan materi How To Detect Acute Limb Ischemia, Prevention And Early Management Of Diabetic Foot, dan Diagnosis And Management Of Deep Vein Thrombosis.

Pada hari ketiga juga dilakukan presentasi mengenai program studi baik ilmu Bedah, Bedah Plastik, Bedah Thorak Kardiovaskuler, Urologi, dan Orthopedi dan Traumatologi yang dipresentasikan oleh Kepala Program Studi masing-masing bagian. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari divisi Bedah Anak yang terdiri dari Current Diagnosis And Management Of Anal Atresia, Current Diagnosis And Management Of Hirschsprung’s Disease, dan Diagnosis And Management Of Hernia In Pediatric. Terakhir adalah materi dari divisi Bedah Onkologi dengan materi Differential Diagnosis And Treatment Of Skin And Soft Tissue Cancer, Early Detection And Management Of Breast Cancer In Primary Care, Dan Thyroid Enlargement. Setelah out dilakukan penutupan acara oleh Kepala Departemen Bedah FKUI RSCM, Dr. dr. Fathema D Rachmat, SpB, SpBTKV.

Terima kasih untuk seluruh peserta, pembicara, moderator, panitia, dan seluruh pihak yang telah membantu agar acara 1st Jakarta Annual Surgical Symposia dapat terlaksana dengan baik. Sampai bertemu kembali pada 2nd Jakarta Annual Surgical Symposia pada tanggal 19 – 21 September 2013. Sutiksna Usada Sudarma Marga! -tam
Dari Kiri - Kanan (Atas): Tomo, Tyo, Teguh, dr. Riana, dr. Fathema, dr. Wifanto, Vania, Sayi, Rifki, Sun, Vibi, Ocs
Dari Kiri - Kanan (Bawah): Medan, Ardo, David, Devby, Charley, Febri, Tama, Benje, Andy, Koko


Liputan acara ini juga dapat dilihat di: www.tanyadok.com/acara/liputan-1st-jass


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar